Selasa, 31 Agustus 2010

rpp, mtk sma xi ipa


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

                 
Nama Sekolah            :        MAN 10
Mata Pelajaran          :        Matematika
Kelas / Semester            :           X I(Sebelas) / Ganjil

Standar Kompetensi   : 1.    Menggunakan aturan statistika, kaidah pencacahan, dan sifat-sifat peluang dalam pemecahan masalah.

Kompetensi Dasar               : 1.4.Menggunakan aturan perkalian, permutasi, dan kombinasi dalam pemecahan masalah.

Indikator                    : 1. Menyusun aturan perkalian.
  2. Menggunakan aturan perkalian untuk menyelesaikan  soal.


Alokasi Waktu           : 2 x 45 menit ( 1 x pertemuan )

A.     Tujuan Pembelajaran

a.      Peserta didik dapat menyusun aturan perkalian
b.      Peserta didik dapat menggunakan aturan perkalian untuk menyelesaikan soal

B.      Materi Ajar
        
Peluang.

-   Aturan pengisian tempat:
-   Diagram pohon.
-   Tabel silang.
-   Pasangan terurut.
-   Kaidah  (aturan) penjumlahan.
-   Aturan perkalian.

C.     Metode Pembelajaran

         Ceramah, tanya jawab, diskusi kelompok.
        
D.     Langkah-langkah Kegiatan

         Pendahuluan
         Apersepsi   :  Mengingat kembali operasi bilangan bulat seperti perkalian.
      Motivasi     :  Apabila materi ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik akan terbantu dalam menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan aturan pengisian tempat, diagram pohon, tabel silang, pasangan terurut, kaidah  (aturan) penjumlahan, aturan perkalian.

         Kegiatan Inti
a.       Guru menyampaikan standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator, tujuan pembelajaran dan materi yang akan dibahas.
b.      Guru membagi siswa dalam kelompok kecil untuk membahas satu pokok bahasan.         
c.       Peserta didik berdiskusi bersama kelompok masing-masing kemudian mempresentasikan hasil diskusinya didepan kelas.
d.      Guru menyampaikan materi secara umum untuk memantapkan pemahaman peserta didik.
         e.   Peserta didik dan guru secara bersama - sama membahas contoh dalam buku paket pada hal.98-100, 100-101, 101-105.
         f.    Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai aturan perkalian dan cara menggunakan aturan perkalian dalam menyelesaikan soal sebagai tugas individu.
g.   Peserta didik dan  guru secara bersama - sama membahas jawaban soal-soal yang dikerjakan peserta didik.


         Penutup
a.   Peserta didik membuat rangkuman dari materi aturan pengisian tempat, diagram pohon, tabel silang, pasangan terurut, kaidah  (aturan) penjumlahan, aturan perkalian.
         b.   Peserta didik dan guru melakukan refleksi.
         c.   Peserta didik diberikan pekerjaan rumah (PR) berkaitan dengan materi aturan pengisian tempat, diagram pohon, tabel silang, pasangan terurut, kaidah  (aturan) penjumlahan, aturan perkalian.


E.      Alat dan Sumber Belajar

Sumber:
·   Buku paket  (Buku Matematika kelas XI, Kasmina dan To’ali penerbit : Kirana Cakra Buana)  hal.98-100, 100-101,   101-105.
·   Buku referensi    lain.

Alat:
·    Laptop
·    LCD
·    Spidol


               F.      Penilaian     
              
                        Teknik                   :     tugas individu
                        Bentuk Instrumen :     uraian singkat
         Contoh Instrumen :       
        
1.      Seorang ibu ingin membeli sabun cuci. Pada kotak A tersedia 2 jenis, kotak B tersedia 4 jenis dan kotak C tersedia 3 jenis. Berapa jumlah pilihan yang dimiliki oleh ibu tersebut ?
2.      Ada dua celana berwarna hitam dan biru serta empat baju yang berwarna kuning, merah, putih dan ungu. Ada berapa banyak pasangan warna celana dan baju yang dapat dibentuk ?
3.      Berapa banyaknya bilangan yang dapat disusun dari angka 1, 2, 3, 4, 5, dan 6 jika bilangan itu terdiri dari tiga angka ?
4.      Dari Semarang ke Bandung ada 2 jalan dan dari Bandung ke Jakarta ada 3 jalan. Berapa banyak jalan yang dapat ditempuh untuk bepergian dari Semarang ke Jakarta melalui Bandung?



Mengetahui,                                                                                Jakarta, 18 Agustus 2010
Kepala MAN 10                                                                                     Guru Matematika




Muhammad Yasin Catur                                                             Ahmad  Fahrudin
NIP.196904072002121010
























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

                 
Nama Sekolah            :        MAN 10
Mata Pelajaran          :        Matematika
Kelas / Semester            :           X I(Sebelas) / Ganjil

Standar Kompetensi   : 1.    Menggunakan aturan statistika, kaidah pencacahan, dan sifat-sifat peluang dalam pemecahan masalah.

Kompetensi Dasar               : 1.4.Menggunakan aturan perkalian, permutasi, dan kombinasi dalam pemecahan masalah.

Indikator                    :  Mendefinisikan permutasi dan menggunakan permutasi dalam pemecahan soal.


Alokasi Waktu           : 2 x 45 menit ( 1 x pertemuan )

A.     Tujuan Pembelajaran

Peserta didik dapat mendefinisikan permutasi dan menggunakan permutasi dalam pemecahan soal.

B.      Materi Ajar
        
1.   Notasi faktorial
2.   Permutasi:
-     Permutasi n objek dari n objek yang  berbeda.
-     Permutasi k objek dari n objek yang berbeda, k < n.
-     Permutasi n objek dari n objek dengan beberapa objek sama.
-     Permutasi  siklis (pengayaan).

C.     Metode Pembelajaran

         Ceramah, tanya jawab, diskusi kelompok.
        
D.     Langkah-langkah Kegiatan

         Pendahuluan
         Apersepsi   :  Mengingat kembali tentang materi sebelumnya dengan membahas PR.
Motivasi     :   Apabila materi ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik akan terbantu dalam menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan  notasi faktorial  dan permutasi.

         Kegiatan Inti
a.       Guru menyampaikan standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator, tujuan pembelajaran dan materi yang akan dibahas.
b.      Guru membagi siswa dalam kelompok kecil untuk membahas satu pokok bahasan.         
c.       Peserta didik berdiskusi bersama kelompok masing-masing kemudian mempresentasikan hasil diskusinya didepan kelas.
d.      Guru menyampaikan materi secara umum untuk memantapkan pemahaman peserta didik.
         e.   Peserta didik dan guru secara bersama - sama membahas contoh dalam buku paket pada hal. 105-108, 108-114.
         f.    Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai notasi faktorial dan permutasi  sebagai tugas individu.
g.   Peserta didik dan  guru secara bersama - sama membahas jawaban soal-soal yang dikerjakan peserta didik

         Penutup
a.   Peserta didik membuat rangkuman dari materi notasi faktorial dan permutasi.
         b.   Peserta didik dan guru melakukan refleksi.
         c.   Peserta didik diberikan pekerjaan rumah (PR) berkaitan dengan materi notasi faktorial dan permutasi.





E.      Alat dan Sumber Belajar


Sumber:
·      Buku paket hal. 105-108, 108-114.
·      Buku referensi lain.

Alat:
·    Laptop
·    LCD
·    Spidol

               F.      Penilaian     
              
                        Teknik                   :     tugas individu
                        Bentuk Instrumen :     uraian singkat
         Contoh Instrumen :       
        
1.      Hitunglah !
a.       4!                        b.  6!
2.      Hitunglah!
a.    
b.    
3.      Hitunglah !
a.       10P4                     b. 5P5
4.      Empat orang masuk kedalam bus dan terdapat 10 tempat duduk kosong. Tentukan banyak cara keempat orang tersebut duduk!
5.      Berapa banyaknya susunan huruf yang berbeda dapat dibentuk dari kata “ SAYA “ !



Mengetahui,                                                                                Jakarta, 18 Agustus 2010
Kepala MAN 10                                                                                     Guru Matematika




Muhammad Yasin Catur                                                             Ahmad  Fahrudin
NIP.196904072002121010























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

                 
Nama Sekolah            :        MAN 10
Mata Pelajaran          :        Matematika
Kelas / Semester            :           X I(Sebelas) / Ganjil

Standar Kompetensi   : 1.    Menggunakan aturan statistika, kaidah pencacahan, dan sifat-sifat peluang dalam pemecahan masalah.

Kompetensi Dasar               : 1.4.Menggunakan aturan perkalian, permutasi, dan kombinasi dalam pemecahan masalah.

Indikator                    :  Mendefinisikan kombinasi dan  menggunakan kombinasi  dalam pemecahan    soal.


Alokasi Waktu           : 2 x 45 menit ( 1 x pertemuan )

A.     Tujuan Pembelajaran

Peserta didik dapat mendefinisikan kombinasi dan menggunakan kombinasi dalam pemecahan soal.

B.      Materi Ajar
        
Kombinasi.
Binom  Newton.

C.     Metode Pembelajaran

         Ceramah, tanya jawab, diskusi kelompok.
        
D.     Langkah-langkah Kegiatan

         Pendahuluan
         Apersepsi   :  Mengingat kembali tentang materi sebelumnya dengan membahas PR.
Motivasi     :   Apabila materi ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik akan terbantu dalam menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan  kombinasi dan  binom  Newton.

         Kegiatan Inti
a.       Guru menyampaikan standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator, tujuan pembelajaran dan materi yang akan dibahas.
b.      Guru membagi siswa dalam kelompok kecil untuk membahas satu pokok bahasan.         
c.       Peserta didik berdiskusi bersama kelompok masing-masing kemudian mempresentasikan hasil diskusinya didepan kelas.
d.      Guru menyampaikan materi secara umum untuk memantapkan pemahaman peserta didik.
         e.   Peserta didik dan guru secara bersama - sama membahas contoh dalam buku paket pada hal. 115-119, 119-122.
         f.    Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai kombinasi dan  binom  Newton sebagai tugas individu.
g.   Peserta didik dan  guru secara bersama - sama membahas jawaban soal-soal yang dikerjakan peserta didik.


         Penutup
a.   Peserta didik membuat rangkuman dari materi kombinasi dan  binom  Newton.
         b.   Peserta didik dan guru melakukan refleksi.
         c.   Peserta didik diberikan pekerjaan rumah (PR) berkaitan dengan materi kombinasi dan  binom  Newton.

E.      Alat dan Sumber Belajar

Sumber:
·         Buku paket hal. 115-119, 119-122.
·         Buku referensi    lain.

Alat:
·    Laptop
·    LCD
·    Spidol

               F.      Penilaian     
              
                        Teknik                   :     tugas individu
                        Bentuk Instrumen :     uraian singkat
         Contoh Instrumen :       
        
1.      Hitunglah!
a.       C(8,6)                    b.  C(7,3)
2.      Ada berapa cara pasangan ganda bulu tangkis dapat disusun dari 10 pemain?

3.      Tentukan  nilai n dari kombinasi  

4.      Berapa macam susunan pengurus RT yang terdiri dari ketua, sekretaris, dan bendahara dari 8 calon pengurus?

5.      Carilah suku ke-3 dari !


Mengetahui,                                                                                Jakarta, 18 Agustus 2010
Kepala MAN 10                                                                                     Guru Matematika




Muhammad Yasin Catur                                                             Ahmad  Fahrudin
NIP.196904072002121010


































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

                 
Nama Sekolah            :        MAN 10
Mata Pelajaran          :        Matematika
Kelas / Semester            :           X I(Sebelas) / Ganjil

Standar Kompetensi   : 1.    Menggunakan aturan statistika, kaidah pencacahan, dan sifat-sifat peluang dalam pemecahan masalah.

Kompetensi Dasar               : 1.4.Menggunakan aturan perkalian, permutasi, dan kombinasi dalam pemecahan masalah.

Indikator           :  Mengerjakan soal dengan baik berkaitan dengan materi mengenai aturan pengisian tempat, kaidah (aturan) penjumlahan, aturan perkalian, notasi  faktorial, permutasi, kombinasi, dan binom Newton.


Alokasi Waktu           : 2 x 45 menit ( 1 x pertemuan )

A.     Tujuan Pembelajaran

Peserta didik dapat mengerjakan soal dengan baik berkaitan dengan materi mengenai aturan pengisian tempat, kaidah (aturan) penjumlahan, aturan perkalian, notasi  faktorial, permutasi, kombinasi, dan binom Newton.

B.      Materi Ajar
        
Aturan pengisian tempat.
Kaidah (aturan) penjumlahan.
Aturan perkalian.
Notasi     faktorial.
Permutasi
Kombinasi.
Binom  Newton.

C.     Metode Pembelajaran

         Ceramah, tanya jawab, diskusi kelompok.
        
D.     Langkah-langkah Kegiatan

         Pendahuluan
         Apersepsi   :  Mengingat kembali tentang materi sebelumnya.
Motivasi     :   Apabila materi ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik akan terbantu dalam mengerjakan soal dengan baik berkaitan dengan materi mengenai aturan pengisian tempat, kaidah (aturan) penjumlahan, aturan perkalian, notasi  faktorial, permutasi, kombinasi, dan binom Newton.

         Kegiatan Inti
         a.   Peserta didik mengerjakan sola ulangan harian.

         Penutup
         a.   Peserta didik dan guru melakukan refleksi.

E.      Alat dan Sumber Belajar

Sumber:
·         Buku paket
·         Buku referensi    lain.

Alat:
·    Spidol

               F.      Penilaian     
              
                        Teknik                   :     Ulangan harian
                        Bentuk Instrumen :     uraian singkat
         Contoh Instrumen :       
        
1.      Tentukan  nilai  n jika:
a.       nP2 = 2. n-1P3                    b. nC5 = 2. nC2
2.      Ada 3 akuntan yang akan diangkat menjadi direktur untuk mengisi 2 jabatan pada perusahaan. Ada berapa macam formasi yang dapat dibentuk?
3.      Dengan berapa cara 8 orang dapat didudukkan mengelilingi meja bundar jika dua orang harus selalu berdekatan?
4.      Dalam suatu kotak terdapat 8 kelereng putih dan kelereng merah. Diambil lima kelereng sekaligus. Ada berapa cara pengambilan sehingga diperoleh 3 kelereng putih dan 2 kelereng merah ?
5.      Dari 16 orang pengurus sebuah organisasi akan dipilih seorang Ketua, Wakil Ketua, Sekretaris, dan Bendahara. Tentukan banyaknya cara pemilihan pengurus sebuah organisasi tersebut!

Mengetahui,                                                                                Jakarta, 18 Agustus 2010
Kepala MAN 10                                                                                     Guru Matematika




Muhammad Yasin Catur                                                             Ahmad  Fahrudin
NIP.196904072002121010







































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

                 
Nama Sekolah            :        MAN 10
Mata Pelajaran          :        Matematika
Kelas / Semester            :           X I(Sebelas) / Ganjil

Standar Kompetensi   : 1.    Menggunakan aturan statistika, kaidah pencacahan, dan sifat-sifat peluang dalam pemecahan masalah.

Kompetensi Dasar      : 1.5 Menentukan ruang sampel  suatu percobaan.

Indikator        :  Menentukan ruang sampel suatu percobaan.

Alokasi Waktu           : 2 x 45 menit ( 1 x pertemuan )

A.     Tujuan Pembelajaran

Peserta didik dapat menentukan ruang sampel suatu percobaan.

B.      Materi Ajar
        
Percobaan, ruang sampel, dan kejadian.

C.     Metode Pembelajaran

         Ceramah, tanya jawab, diskusi kelompok.
        
D.     Langkah-langkah Kegiatan

         Pendahuluan
         Apersepsi   :  Mengingat kembali tentang materi sebelumnya.
Motivasi     :   Apabila materi ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik akan terbantu dalam menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan  Percobaan, ruang sampel, dan kejadian.

         Kegiatan Inti
a.       Guru menyampaikan standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator, tujuan pembelajaran dan materi yang akan dibahas.
b.      Guru membagi siswa dalam kelompok kecil untuk membahas satu pokok bahasan.         
c.       Peserta didik berdiskusi bersama kelompok masing-masing kemudian mempresentasikan hasil diskusinya didepan kelas.
d.      Guru menyampaikan materi secara umum untuk memantapkan pemahaman peserta didik.
         e.   Peserta didik dan guru secara bersama - sama membahas contoh dalam buku paket pada hal.122-127.
         f.    Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai percobaan, ruang sampel, dan kejadian sebagai tugas individu.
g.   Peserta didik dan  guru secara bersama - sama membahas jawaban soal-soal yang dikerjakan peserta didik.


         Penutup
a.   Peserta didik membuat rangkuman dari materi percobaan, ruang sampel, dan kejadian.
         b.   Peserta didik dan guru melakukan refleksi.
         c.   Peserta didik diberikan pekerjaan rumah (PR) berkaitan dengan materi percobaan, ruang sampel, dan kejadian.

E.      Alat dan Sumber Belajar

Sumber:
·         Buku paket hal. 122-127.
·         Buku referensi    lain.

Alat:
·    Laptop
·    LCD
·    Spidol

               F.      Penilaian     
              
                        Teknik                   :     tugas individu
                        Bentuk Instrumen :     uraian singkat
         Contoh Instrumen :       
        
1.      Dua uang logam dilemparkan secara bersamaan. Tentukan ruang sampel dari percobaan tersebut!
2.      Pada percobaan pelemparan 3 mata uang sekaligus sebanyak 1 kali, jika P adalah kejadian muncul 2 angka, tentukanlah ruang sampel S, banyaknya ruang sampel S dan himpunan kejadian P!

3.      Dari 6 ahli kimia dan 5 ahli biologi, dipilih 7 anggota untuk sebuah panitia, diantaranya 4 adalah ahli kimia. Tentukan banyaknya cara yang dapat dilakukan dalam pemilihan itu !



Mengetahui,                                                                                Jakarta, 18 Agustus 2010
Kepala MAN 10                                                                                     Guru Matematika




Muhammad Yasin Catur                                                             Ahmad  Fahrudin
NIP.196904072002121010







































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

                 
Nama Sekolah            :        MAN 10
Mata Pelajaran          :        Matematika
Kelas / Semester            :           X I(Sebelas) / Ganjil

Standar Kompetensi   : 1.    Menggunakan aturan statistika, kaidah pencacahan, dan sifat-sifat peluang dalam pemecahan masalah.

Kompetensi Dasar      : 1.6 Menentukan peluang suatu kejadian dan penafsirannya.

Indikator        :  
a.   Menentukan peluang suatu kejadian dari berbagai situasi dan penafsirannya.
b.   Menggunakan frekuensi harapan atau frekuensi relatif dalam pemecahan soal dan penafsirannya.
c.   Merumuskan aturan penjumlahan  dan perkalian dalam peluang kejadian  majemuk dan penggunaannya.
d.   Menentukan peluang komplemen suatu kejadian dan penafsirannya.
e.   Menentukan peluang dua kejadian yang saling lepas dan penafsirannya.
f.    Menentukan peluang dua kejadian yang saling bebas dan penafsirannya.
g.   Menentukan peluang kejadian bersyarat.


Alokasi Waktu           : 4 x 45 menit ( 2 x pertemuan )

A.     Tujuan Pembelajaran

1.      Menentukan peluang suatu kejadian dari berbagai situasi dan penafsirannya.
2.      Menggunakan frekuensi harapan atau frekuensi relatif dalam pemecahan soal dan penafsirannya.
3.      Merumuskan aturan penjumlahan  dan perkalian dalam peluang kejadian  majemuk dan penggunaannya.
4.      Menentukan peluang komplemen suatu kejadian dan penafsirannya.
5.      Menentukan peluang dua kejadian yang saling lepas dan penafsirannya.
6.      Menentukan peluang dua kejadian yang saling bebas dan penafsirannya.
7.      Menentukan peluang kejadian bersyarat.

B.      Materi Ajar
        

Peluang kejadian, frekuensi harapan, kejadian majemuk, komplemen  suatu  kejadian, peluang gabungan dua kejadian yang saling lepas, peluang dua kejadian yang saling bebas, peluang kejadian  bersyarat.


C.     Metode Pembelajaran

         Ceramah, tanya jawab, diskusi kelompok.
        
D.     Langkah-langkah Kegiatan
        
         Pertemuan pertama

         Pendahuluan
         Apersepsi   :  Mengingat kembali tentang materi sebelumnya dengan membahas PR.
Motivasi     :   Apabila materi ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik akan terbantu dalam menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan  peluang kejadian, frekuensi harapan, kejadian majemuk, komplemen  suatu  kejadian.

         Kegiatan Inti

a.       Guru menyampaikan standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator, tujuan pembelajaran dan materi yang akan dibahas.
b.      Peserta didik diberikan stimulus berupa pemberian materi oleh guru dalam bentuk tayangan power point  mengenai peluang kejadian, frekuensi harapan, kejadian majemuk, komplemen  suatu  kejadian., kemudian antara peserta didik dan guru mendiskusikan materi tersebut.         
         c.   Peserta didik dan guru secara bersama - sama membahas contoh dalam buku paket pada hal. hal. 124-130, 130-132,   132-134,   134-136,   137-141.
         d.   Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai peluang kejadian, frekuensi harapan, kejadian majemuk, komplemen  suatu  kejadian sebagai tugas individu.
e.   Peserta didik dan  guru secara bersama - sama membahas jawaban soal-soal yang dikerjakan peserta didik.


         Penutup
a.   Peserta didik membuat rangkuman dari materi peluang kejadian, frekuensi harapan, kejadian majemuk, komplemen  suatu  kejadian.
         b.   Peserta didik dan guru melakukan refleksi.
         c.   Peserta didik diberikan pekerjaan rumah (PR) berkaitan dengan peluang kejadian, frekuensi harapan, kejadian majemuk, komplemen  suatu  kejadian.

         Pertemuan kedua

         Pendahuluan
         Apersepsi   :  Mengingat kembali tentang materi sebelumnya dengan membahas PR.
Motivasi     :   Apabila materi ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik akan terbantu dalam menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan  peluang gabungan dua kejadian yang saling lepas, peluang dua kejadian yang saling bebas, peluang kejadian  bersyarat.

         Kegiatan Inti
a.       Guru menyampaikan standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator, tujuan pembelajaran dan materi yang akan dibahas.
b.      Peserta didik diberikan stimulus berupa pemberian materi oleh guru dalam bentuk tayangan power point  mengenai peluang gabungan dua kejadian yang saling lepas, peluang dua kejadian yang saling bebas, peluang kejadian  bersyarat, kemudian antara peserta didik dan guru mendiskusikan materi tersebut.         
         c.   Peserta didik dan guru secara bersama - sama membahas contoh dalam buku paket pada hal. hal. 124-130, 130-132,   132-134,   134-136,   137-141.
         d.   Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai peluang gabungan dua kejadian yang saling lepas, peluang dua kejadian yang saling bebas, peluang kejadian  bersyarat sebagai tugas individu.
e.   Peserta didik dan  guru secara bersama - sama membahas jawaban soal-soal yang dikerjakan peserta didik.


         Penutup
a.   Peserta didik membuat rangkuman dari materi peluang gabungan dua kejadian yang saling lepas, peluang dua kejadian yang saling bebas, peluang kejadian  bersyarat.
         b.   Peserta didik dan guru melakukan refleksi.
         c.   Peserta didik diberikan pekerjaan rumah (PR) berkaitan dengan peluang gabungan dua kejadian yang saling lepas, peluang dua kejadian yang saling bebas, peluang kejadian  bersyarat.


E.      Alat dan Sumber Belajar

Sumber:
·         Buku paket hal. 124-130, 130-132,   132-134,   134-136,   137-141.
·         Buku referensi    lain.

Alat:
·    Laptop
·    LCD
·    Spidol

               F.      Penilaian     
              
                        Teknik                   :     tugas individu
                        Bentuk Instrumen :     uraian singkat
         Contoh Instrumen :       
        
Pertemuan  pertama

1.      Pada pelemparan sebuah dadu, tentukanlah peluang kejadian  muncul :
a.       Bilangan 2
b.      Bilangan prima.
2.      Suatu kotak berisi 6 bola putih dan 4 bola merah. Dari kotak itu diambil sebuah bola secara acak. Berapa peluang yang terambil itu :
a.       Sebuah bola putih
b.      Sebuah bola merah.
3.      Dua keping mata uang dilempar sebanyak 800 kali. Berapa frekuensi harapan muncul semua sisi angka ?
4.      Peluang bahwa esok hari hujan adalah 0,34. Tentukanlah peluang bahwa esok hari tidak hujan !
5.      Sebuah dadu dilempar sekali. Berapa peluang munculnya bilangan ?

Pertemuan kedua

1.      Dua dadu dilempar bersama-sama, tentukan peluag munculnya :
a.       Dua dadu berjumlah 6 atau berjumlah 10
b.      Dua dadu berjumlah 6 atau muncul mata dadu bernomor lima.
2.      Jika A dan B dua kejadian yang tidak saling lepas, tentukanlah P(A) jika P(B)=0,25 !
3.      Dua keping mata uang logam dilempar secara bersamaan. Kejadian A munculnya sisi angka pada mata uang pertama dan kejadian B munculnya sisi yang sama untuk kedua mata uang logam itu. Periksalah apakah kejadian A dan B merupaka kejadian  yang saling bebas !
4.      Dari seperangkat kartu Bridge, diambil dua kali tanpa pengembalian. Tentukan  peluang munculnya :
a.       Dua-duanya kartu merah
b.      Kartu pertama As dan kartu kedua wajik.


Mengetahui,                                                                                Jakarta, 18 Agustus 2010
Kepala MAN 10                                                                                     Guru Matematika




Muhammad Yasin Catur                                                             Ahmad  Fahrudin
NIP.196904072002121010
































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

                 
Nama Sekolah            :        MAN 10
Mata Pelajaran          :        Matematika
Kelas / Semester            :           X I(Sebelas) / Ganjil

Standar Kompetensi   : 1.    Menggunakan aturan statistika, kaidah pencacahan, dan sifat-sifat peluang dalam pemecahan masalah.

Kompetensi Dasar      : 1.6 Menentukan peluang suatu kejadian dan penafsirannya.

Indikator           :  Mengerjakan  soal dengan baik berkaitan dengan materi mengenai percobaan, ruang sampel, dan kejadian, peluang   kejadian, frekuensi harapan,  kejadian  majemuk (komplemen suatu kejadian, peluang gabungan dua kejadian yang saling lepas, peluang dua kejadian yang saling bebas, peluang kejadian bersyarat).


Alokasi Waktu           : 2 x 45 menit ( 1 x pertemuan )

A.     Tujuan Pembelajaran

Peserta didik dapat mengerjakan  soal dengan baik berkaitan dengan materi mengenai percobaan, ruang sampel, dan kejadian, peluang   kejadian, frekuensi harapan,  kejadian  majemuk (komplemen suatu kejadian, peluang gabungan dua kejadian yang saling lepas, peluang dua kejadian yang saling bebas, peluang kejadian bersyarat).

B.      Materi Ajar
        
Percobaan, ruang sampel, dan kejadian.
Peluang  kejadian.
Frekuensi harapan.
Kejadian majemuk (komplemen suatu kejadian, peluang gabungan dua kejadian yang saling lepas, peluang dua kejadian yang saling bebas,  peluang kejadian  bersyarat).

C.     Metode Pembelajaran

         Ceramah, tanya jawab, diskusi kelompok.
        
D.     Langkah-langkah Kegiatan

         Pendahuluan
         Apersepsi   :  Mengingat kembali tentang materi sebelumnya.
Motivasi     :   Apabila materi ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik akan terbantu dalam mengerjakan  soal dengan baik berkaitan dengan materi mengenai percobaan, ruang sampel, dan kejadian, peluang   kejadian, frekuensi harapan,  kejadian  majemuk (komplemen suatu kejadian, peluang gabungan dua kejadian yang saling lepas, peluang dua kejadian yang saling bebas, peluang kejadian bersyarat).

         Kegiatan Inti
         a.   Peserta didik mengerjakan sola ulangan harian.

         Penutup
         a.   Peserta didik dan guru melakukan refleksi.

E.      Alat dan Sumber Belajar

Sumber:
·         Buku paket
·         Buku referensi    lain.

Alat:
·    Spidol

               F.      Penilaian     
              
                        Teknik                   :     Ulangan harian
                        Bentuk Instrumen :     pilihan ganda dan uraian
         Contoh Instrumen :       
        
I.     Pilihlah jawaban yang tepat!
1.      Suatu himpunan A memiliki 8 anggota. Banyaknya himpunan bagian A yang meniliki paling banyak 4 anggota adalah ….
a.       163                 d. 247 
b.      220                 e. 250
c.       219    
2.      Dua dadu dilempar bersama. Maka peluang muncul mata dadu yang berjumlah bilangan genap lebih dari 8 adalah ….
a.                      d. 
b.                    e.
c.     
3.      Tiga buah dadu dilempar bersama. Maka  frekuensi harapan muncul mata dadu berjumlah 6 adalah ….
a.       9                     d. 36
b.      21                   e. 56
c.       30

4.   Dari 5 orang akan dibagi menjadi 2 kelompok. Jika kelompok pertama terdiri atas 3 orang dan kelompok kedua terdiri atas 2 orang, maka banyaknya cara mengelompokkannya adalah.....
       a.  10                   d.  100
       b.  20                   e.  400
       c.  60
5.   Misalkan A dan B adalah dua kejadian dengan P(A), P, dan P(A/B). Maka nilai P(B/A) adalah ....
      a.                   d.
b.                   e.
c.


II.  Jawablah dengan jawaban yang tepat!
1.      Kotak A berisi 5 bola merah dan 3 bola putih, sedangkan kotak B berisi 2 bola merah dan 6 bola putih. Dari dalam kotak masing-masing diambil sebuah bola secara acak. Peluang bahwa kedua bola yang terambil warnanya berlainan adalah…..
2.      Jika A dan B kejadian tidak saling lepas dengan , P (A)=0,6 dan . Maka P(B) = ….
3.      Sebuah dadu dilempar sekali maka peluang muncul bilangan prima atau bilangan genap adalah ….
4.      Banyaknya diagonal segi-10 adalah ….
5.      Seorang marketing memprediksi barangnya akan laku 0,8888….., jika banyaknya barang yang dijual 90.000 unit, maka kemungkinan barang yang tidak laku adalah … unit.


Mengetahui,                                                                                Jakarta, 18 Agustus 2010
Kepala MAN 10                                                                                     Guru Matematika




Muhammad Yasin Catur                                                             Ahmad  Fahrudin
NIP.196904072002121010

Tidak ada komentar:

Posting Komentar